Sistem Pendidikan Indonesia vs Jepang

Sistem Pendidikan Indonesia vs. Jepang

KPPS РIndonesia merupakan negara yang kualitas pendidikannya masihlah rendah dibandingkan dengan negara-negara lain bahkan sesama anggota ASEAN, SDM Indonesia masuk peringkat paling rendah. Hal ini terjadi karena pendidikan di Indonesia belumlah berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu, pendidikan di Indonesia harus diperbaiki agar mampu melahirkan generasi penerus yang memiliki keunggulan dalam berbagai bidang. Ini bertujuan agar bangsa Indonesia mampu bersaing  dengan bangsa lain dan tidak semakin tertinggal karena arus global yang berjalan cepat.

Sistem Pendidikan Indonesia vs Jepang.

Kualitas sumber daya manusia menjadi faktor penting yang menentukan masa depan bangsa. Selain itu, kemampuan peserta didik dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi pun tak kalah penting. Saat ini, pendidikan sekolah sangatlah wajib diterima oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, karena dengan mengenyam pendidikan kita dapat mengikuti arus global dan mengejar ketertinggalan bangsa kita dari bangsa lain. Hal ini pula yang membedakan sistem pendidikan Indonesia vs. Jepang.

Kenyataan di masa sekarang masih banyak orang yang belum mengenyam pendidikan dikarenakan keterbatasan ekonomi. Namun, di era global ini, hal tersebut tidak boleh terjadi bahkan sebisa mungkin diminimalisir karena akan menghambat perkembangan SDM dan bangsa pada umumnya. Maka dari itu, pemerintah Indonesia harus mengambil suatu keputusan dan kebijakan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Sehingga mampu bersaing dengan bangsa lain, seperti Jepang. Inilah perbedaan sistem pendidikan Indonesia vs. Jepang.

Sistem Pendidikan yang pertama  adalah sistem pendidikan di Indonesia berorientasi pada nilai. Sistem ini telah diterapkan sejak sekolah dasar. Di sini, peserta didik diajarkan untuk jujur, tenggang rasa, disiplin, dan sebagainya. Nilai ini disampaikan melalui pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Bahkan, nilai ini juga disampaikan di tingkat pendidikan menengah sampai pendidikan tinggi.

Yang kedua adalah Indonesia menganut sistem pendidikan terbuka. Di sini, peserta didik dituntut untuk dapat bersaing secara sportif dengan teman, berfikir kreatif, dan inovatif. Selain itu, pendidikan di Indonesia pun beragam. Karena Indonesia sendiri terdiri dari beragam suku, bangsa, daerah, budaya, dan lain-lain menyebabkan sistem pendidikan yang sudah dikurikulumkan oleh pemerintah belum merata secara keseluruhan. Sehingga terciptalah pendidikan formal, non-formal, dan informal.

Lagi, sistem pendidikan Indonesia vs. Jepang selanjutnya adalah efisien waktu. Di dalam kegiatan belajar mengajar di Indonesia, terdapat pengaturan waktu yang sedemikian rupa agar peserta didik tidak merasa terbebani dengan materi pelajaran yang disampaikan karena waktunya terlalu singkat atau malah sebaliknya.

Sistem Pendidikan Indonesia vs Jepang

Pendidikan Indonesia vs. Jepang yang lain adalah sistem pendidikan yang disesuaikan oleh perubahan zaman. Bangsa Indonesia harus menyesuaikan kurikulum saat ini, sehingga kurikulum di Indonesia cenderung mengalami perubahan atau pergantian dari waktu ke waktu. Hingga saat ini, Indonesia menggunakan kurikulum KTSP.

Nah, jika yang di atas adalah sistem pendidikan yang dianut bangsa Indonesia. Maka pendidikan Indonesia vs. Jepang dari segi sistem pendidikan di Jepang adalah sebagai berikut:

Perbedaan sistem pendidikan Indonesia vs. Jepang dari pendidikan di Jepang adalah dipegangnya sistem pendidikan oleh tiga lembaga penting. Yaitu, pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan swasta. Sistem administrasi di Jepang dibangun atas empat tingkatan, yaitu sistem administrasi pusat, sistem administrasi prefectural atau provinsi dan kabupaten, sistem administrasi municipal atau kabupaten dan kecamatan, terakhir sistem administrasi sekolah.

Sistem pendidikan Indonesia vs. Jepang dari sistem administrasinya jelaslah berbeda. Setiap sistem administrasi di Jepang tersebut memiliki tingkatan, peranan, dan kewenangannya masing-masing. Sistem tersebut saling mengisi dan bekerjasama dalam mengatur setiap sistem administrasi pendidikan di Jepang. Di samping itu, terjalin kohesi yang cukup baik antara pemerintah, kepala sekolah, guru, murid, dan wali murid. Sehingga dukungan terhadap perkembangan dan kemajuan pendidikan berlangsung cukup baik dan tanpa kendala.

Selain itu, persamaan sistem pendidikan Indonesia vs. Jepang terletak pada jenjang pendidikannya yang melalui empat tahap secara umum yaitu, enam tahun, tiga tahun, tiga tahun, dan empat tahun. Enam tahun untuk sekolah dasar, tiga tahun untuk menengah pertama, tiga tahun menengah atas, terakhir empat tahun untuk perguruan tinggi.

Hal ini disebabkan karena dahulu negara kita adalah bekas jajahan Jepang, sehingga sebagian sistem pendidikan yang diterapkan oleh negara kita adalah adopsi dari sistem pendidikan Jepang. Perubahan yang terjadi terletak pada fokus pembelajaran. Di Indonesia lebih memfokuskan pada pelajaran logika dan penilaian hasil akhir sebagai penentu kelulusan. Sedangkan di Jepang, lebih memfokuskan pada pengembangan watak kepribadian dalam kaitannya kehidupan sehari-hari dan penilaiannya ditentukan oleh guru atau dosen dengan melihat kinerja belajar sehari-hari.

Itulah perbedaan sistem pendidikan Indonesia vs. Jepang, yang sebenarnya baik Indonesia maupun Jepang sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Tentunya, berkembangnya sebuah negara bukan hanya dari faktor pendidikan walaupun ini merupakan faktor vital. Akan tetapi, ada pula faktor pendukung lainnya. Menurut kalian, lebih enak sistem pendidikan yang seperti apa? Indonesia atau Jepang?

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *