Dampak Teknologi Dalam Bidang Pendidikan Baik Positif Ataupun Negatif!

Dampak Teknologi Dalam Bidang Pendidikan Baik Positif Ataupun Negatif!

Dampak Teknologi Dalam Bidang Pendidikan Baik Positif Ataupun Negatif

KPPS – Teknologi merupakan salah satu bagian yang sudah melekat dalam dunia pendidikan. Secara umum teknologi berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, penyimpanan, penyaji dan penyebaran informasi. Teknologi berperan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Bagaimana tidak jika teknologi seakan berperan menjadi buku, guru dan sistem lainnya yang dahulu masih bersifat konvensional.

Ada banyak sekali dampak teknologi dalam bidang pendidikan yang seakan terus mengalir dan berkembang. Akan tetapi dampak dari teknologi tidak hanya pada hal positif, teknologi dapat berpengaruh negatif. Dampak negatifnya ini yang mewajibkan bagi para orang tua yang paling utamanya untuk terus memantau perkembangan si anak. Karena siapapun anak pasti lebih banyak menghabiskan waktunya dirumah bersama dengan orang tua.

Ingin Tahu Dampak Teknologi Dalam Bidang Pendidikan? Simak Hal Berikut

Teknologi memang menjadi alternatif terbaik untuk melancarkan segala urusan manusia dalam hidup. Ada banyak sekali dampak yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi. Berikut adalah dampak teknologi dalam dunia pendidikan dalam hal positif untuk pelajar diantaranya yaitu memudahkan untuk memperoleh informasi. Informasi seputar hal pendidikan dapat dengan mudah untuk di akses dan cepat tersebar dengan teknologi. Teknologi juga memberikan sistem baru berupa inovasi e-learning yang memudahkan pelajar untuk segala prosesnya, misalkan mengirim tugas, mengecek nilai dll.

Teknologi juga mempermudah dalam perkembangan kelas virtual yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan pendidik dan peserta didik dalam satu ruangan. Sehingga tidak semua pelajar harus berada dalam satu ruangan, yang terkadang tidak tercukupi. Contohnya yaitu ujian akhir sekolah pada saat ini sudah terlaksana secara online, sehingga hampir semua sekolah melaksanakan uas secara online dan serentak menggunakan komputer.

Dampak Teknologi Dalam Bidang Pendidikan Baik Positif Ataupun Negatif!

Hampir semua sekolah sudah menerapkan hal apapun menggunakan sistem. Nah hal tersebut terjadi karena dampak teknologi yang menawarkan berbagai alternatif kemudahan. Untuk melakukan pembayaran spp dan yang lainnya, juga dapat dilakukan melalui bank. Dengan demikian bank bekerja sama dengan fakultas dan sekolah-sekolah untuk memudahkan akses pembayaran yang dahulunya masih dilakukan secara manual. Jadi tidak ada lagi yang namanya antri untuk melakukan pembayaran.

Media elektronik menjadi sumber ilmu dalam dunia pendidikan sehingga memunculkan metode-metode baru. Akibat dampak teknologi, siswa ataupun guru dapat dengan mudah memproses metode pembelajaran. Materi yang secara abstrak mampu dengan mudah untuk di cerna oleh pelajar. Pembelajaran juga dapat dilakukan walau tanpa bertatap muka langsung dengan pengajar. Sehingga siswa dan pengajar tidak harus dipertemukan dan tergantikan dengan jaringan internat.

Dampak teknologi tidak hanya memberikan sisi positif saja, ada dampak negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi khususnya dalam dunia Domino Qiu Qiu Online. Dapat anda lihat sendiri bahwa ada banyak sekali kasus ilegal dan kasus lainnya yang disebabkan oleh perkembangan teknologi. Contohnya yaitu teknologi memberikan kemudahan bagi pelanggan terhadap hak atas kekayaan intelektual (haki). Dengan kemudahan yang ditawarkan ini ada beberapa orang yang malah memanfaatkannya untuk melakukan plagiaris dengan melakukan kecurangan.

Dalam dunia pendidikan dampak teknologi memang menawarkan celah yang sangat tak terhitung. Akan tetapi berhati-hatilah, jangan sampai anda melakukan suatu kecerobohan yang dapat bersifat fatal. Apabila sistem yang dijalankan dalam suatu sekolah kemudian kebocoran maka tidak segan-segan lagi dapat menimbulkan hal yang sangat fatal. Selain itu, teknologi yang Berperan dalam dunia informasi seperti halnya televisi dapat menimbulkan dampak negatif. Suatu anak akan kecanduan dengan televisi jika terus menontonnya. Selain itu, menonton televisis ternyata dapat membuat cara berfikir anak lebih pendek dan terganggu untuk melakukan konsentrasi (short span of attention).

Segala kerahasiaan alat tes dalam programnya dapat dengan mudah dibocorkan. Ada banyak sekali hacker sebutannya, yaitu orang yang dapat menerobos masuk dalam suatu akses rahasia dengan ilegal. Hacker dapat juga disebut dengan pembobol dari suatu sistem. Sehingga segala tes misalnya untuk tes psikolog dapat diketahui lebih dahulu karena sudah terbocorkan dengan kecanggihan teknologi. Dampak teknologi seperti inilah yang membuat segala macam hal dapat dipermudah termasuk bagi para hacker.

Bahkan teknologi memberikan dampak negatif bagi kelangsungan hidup orang lain. Bisa jadi mereka sampai pada tahap yang fatal yaitu melakukan tindakan kriminal. Dalam dunia pendidikan, ada yang namanya generasi e-book. Sehingga pelajar menerapkan moral yang rendah dan salah arah. Dengan ilmu pengetahuan yang luas, mereka belajar akan tetapi belajar untuk melakukan hal yang ilegal. Sehingga dengan mudahnya menerobos segala sistem yang berhubungan dengan perbankan.

Dampak teknologi perlu untuk di pertimbangkan oleh para orang tua. Lebih banyak dampak negatif atau positifnya bagi anak anda. Khusus untuk anak dibawah umur masih harus dilakukan pengawasan yang ketat, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Walaupun alasannya adalah sebagai alternatif untuk memudahkan si anak dalam proses pembelajaran. Walau demikian bukan hal yang tidak mungkin baginya untuk melakukan hal yang tidak sewajarnya.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *