Bagaimana Cara Bersihkan Sampah Laptop Yang Tidak Berguna

Bagaimana Cara Bersihkan Sampah Laptop Yang Tidak Berguna

Kpps – Ketika ruang penyimpanan laptop atau komputer terlalu penuh karena berisi banyak file, kinerja komputer atau laptop mungkin menurun. Terutama jika ruang penyimpanan terbatas dan kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, itu akan sangat menyakitkan karena kami tidak dapat bekerja secara efisien dan efektif.

Bagaimana Cara Bersihkan Sampah Laptop Yang Tidak Berguna

File yang anda simpan di komputer terdiri dari beberapa jenis. Jenis file adalah file yang tidak diinginkan yang dihasilkan dari semua aktivitas membuka situs judi poker online yang kita lakukan di komputer. Misalnya, ketika kita menjelajahi dunia virtual dengan browser komputer kita, banyak file yang tidak diinginkan muncul dalam bentuk riwayat pencarian atau situs cache yang dikunjungi. Semua file yang tidak diinginkan ini akan disimpan di ruang penyimpanan komputer yang tersedia.

Jika ini terlalu banyak, itu mungkin akan mempengaruhi kinerja komputer (misalnya, kinerja lebih lambat atau lebih lambat dalam kasus ruang penyimpanan hard disk). Bisakah file yang tidak diinginkan pada komputer dibersihkan? Tentu Anda bisa! Anda dapat menggunakan fitur yang tersedia di sistem operasi yang digunakan oleh komputer Anda atau dengan aplikasi pihak ketiga. Dengan menghapus file yang tidak perlu, diharapkan kinerja komputer kita akan meningkat lagi dan tentunya menghemat banyak ruang.

Cara membersihkan sampah di laptop dengan mudah

Gunakan fitur Disk Cleanup

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows (7, 8 atau 10), maka Anda dapat mencoba membersihkan file yang tidak diinginkan dari komputer Anda dengan Disk Cleanup. Fitur ini dapat menemukan berbagai jenis file yang tidak diinginkan yang bersarang di komputer. Pembersihan disk bahkan dapat memperdalam file yang tidak benar-benar dibutuhkan komputer Anda, seperti file Windows.old setelah memutakhirkan sistem operasi atau file Pembaruan Windows. Jenis file ini menempati sejumlah besar ruang hingga beberapa puluh GB, jadi dengan menghapusnya Anda akan menghemat banyak ruang penyimpanan. Sangat mudah untuk menggunakan fitur pembersihan disk ini. Bagaimana langkah-langkahnya?

  • Cari “Pembersihan Disk”

Anda dapat membuka menu pencarian Windows Anda di sebelah kiri (dengan mengklik kanan pada Windows 10). Kemudian pilih menu ‘Cari’ dan tulis kata ‘Disk Cleanup’. Setelah itu, hasil pencarian akan muncul di bagian atas. Jika Anda telah menemukan opsi Pembersihan Disk, klik untuk menampilkan layar Pembersihan Disk.

  • Memilih disk

Kemudian pilih drive yang ingin Anda coba bersihkan dari file yang tidak diinginkan. Biasanya, sampah bersarang di disk instalasi Windows (biasanya disk C). Jadi, pilih disk tempat sistem berada. Setelah itu, klik “Ok”.

  • Pilih ‘Bersihkan file sistem’

Bahkan, setelah mengklik OK di langkah-langkah di atas, sistem menampilkan hasil pencarian file yang tidak diinginkan di komputer Anda. Anda dapat menghapus ke sampah segera dengan mengklik tombol “OK”. Namun, jika Anda ingin sistem menampilkan hasil yang lebih rinci, Anda dapat mengklik “Bersihkan File Sistem.” Setelah itu, sistem akan mencari dengan hati-hati file yang tidak diinginkan pada drive C.

Bagaimana Cara Bersihkan Sampah Laptop Yang Tidak Berguna

File pembaruan Windows Anda dapat ditemukan dengan cara ini dan Anda dapat mencoba menghapusnya dari sistem. Setelah proses “Bersihkan File Sistem” selesai, hasilnya akan mirip dengan yang ada di gambar di atas. Kemudian klik “OK” untuk menghapusnya dan tunggu sistem melakukannya.

Mudah bukan? Metode ini dapat digunakan di Windows 7, 8 atau 10. Selain menu pencarian, Anda juga dapat membuka Pembersihan Disk dengan File Explorer. Kemudian, klik kanan disk tempat Anda ingin membersihkan file memori, dan pilih Properti. Setelah itu, klik “Disk Cleanup” untuk mendapatkan ikuti langkah-langkah di atas.

Menggunakan Deteksi Penyimpanan di Windows 10

Windows 10 dengan Fall Creators Update menyediakan beberapa fitur yang bermanfaat. Salah satu fitur ini adalah Storage Sense, yang berguna untuk menghapus file sistem yang tidak perlu. Dengan demikian, ruang penyimpanan komputer Anda dapat meningkat. Bagaimana Anda menggunakan fitur Storage Sense ini? Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan

Langkah pertama adalah mengklik tombol menu dan memilih ikon Pengaturan. Setelah mengakses tampilan baru, pilih menu Sistem di kiri atas.

  • Pilih penyimpanan

Di menu Sistem kiri, pilih Penyimpanan. Bagian ini menampilkan data tentang ruang penyimpanan komputer Anda. Kemudian, di bagian Storage Sense, klik “Free Space Now”. Setelah itu, tunggu hingga sistem selesai memindai dan melihat file yang dapat dihapus.

  • Klik pada ‘Hapus file’

Setelah semua file yang dapat dihapus muncul, periksa atau pilih file yang ingin Anda hapus. Jika Anda melihatnya, Storage Sense cukup kuat untuk mencari file secara mendalam. Jika demikian, klik “Hapus File”. Tunggu sebentar sementara sistem berhasil menghapus file.

Ini adalah langkah mudah untuk menghapus file yang tidak perlu dengan Storage Sense. Fitur ini hanya tersedia untuk Windows Fall Creators dan versi yang lebih baru. Oleh karena itu, jika Anda masih belum menggunakan pembaruan ini, tampaknya Anda belum dapat menggunakan fitur Sense Storage yang sangat berguna ini.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *